Pengertian Psikologi Pendidikan
Psikologi adalah ilmu
yang mempelajari prilaku dan proses mental seseorang.
Pendidikan adalah
proses dimana terjadi belajar dan mengajar, maka psikologi pendidikan adalah
-
ilmu yang
menerapakan tentang proses prilaku
belajar dan mengajar.
-
Cabang ilmu
psikologi yang mengkhususkan diri pada cara memahami pengajaran dan
pembelajaran dalam lingkungan pendidikan.
Pandangan tentang Pendekatan untuk
Pembelajaran
Pembelajaran (learning) adalah pengaruh permanen atas perilaku, pengetahuan,
dan keterampilan berfikir yang diperoleh melalui pengalaman.
Behaviorisme
adalah pandangan bahwa perilaku harus dijelaskan melalui pengalaman yang dapat
diobservasi.
Proses mental
adalah pikiran, perasaan, dan motif yang tak dapat diobservasi oleh orang lain.
Pendekatan Dalam Belajar
1.
Behavioral
Behavioral
adalah penekanan pada pengalaman , terutama penguatan dan hukuman, sebagai
pembelajaran dan perilaku.
2.
Kognitif Sosial
Kognitif Sosial
adalah penekanan pada interaksi faktor perilaku, lingkungan, dan orang
(kognitif) sebagai determinan pembelajaran.
3.
Pemrosesan
Informasi
Pemrosesan Informasi
adalah penekanan pada bagaimana anak memproses informasi melalui perhatian
(atensi), memori, pemikiran dan proses kognitif lainnya.
4.
Konstruktif
Kognitif
Konstruktif
Kognitif adalah penekanan pada konstruksi kognitif dari pengetahuan dan
pemahaman.
5.
Konstruktif
Sosial
Konstruktif
Sosial adalah penekanan pada kolaborasi dengan orang lain untuk menghasilkan
pengetahuan dan pemahaman.
Pendekatan Behavioral Untuk
Pembelajaran
1. Pengkondisian Klasik
Pengkondisian Klasik adalah
tipe pembelajaran di mana suatu organisme belajar untuk mengaitkan atau
mengasosiakan stimuli.
Untuk memahami teori
pengkondisian klasik pavlov :
·
Unconditioned
stimulus (US) adalah sebuah stimulus yang secara otomatis menghasilkan respons
tanpa ada pembelajaran terlebih dahulu.
·
Unconditioned
response (UR) adalah respons yang tidak dipelajari yang secara otomatis
dihasilkan oleh US.
·
Conditioned
stimulus (CS) adalah stimulus yang sebelumnya netral yang akhirnya
menghasilakan conditiomed response setelah diasosiasikan dengan US.
·
Conditioned
response (CR) adalah respons yang dipelajari, yakni respons terhadap stimulus
yang terkondisikan yang muncul setelah terjadi pasangan US-CS.
2. Pengkondisian Operan
Pengkondisian operan
adalah sebentuk pembelajaran dimana konsekuensi-konsekuensi dari perilaku
menghasilkan perubahan dalam probabilitas perilaku itu akan diulangi.
Hukum Efek Thorndike
Prinsip bahwa perilaku
yang diikuti dengan hasil positif akan diperkuat dan bahwa perilaku yang
diikuti hasil negative akan diperlemah.
Pengkondisian Operan Skinner
Dimana konsekuensi
perilaku akan menyebabkan perubahan dalam probabilitas perilaku itu akan
terjadi(1938).
-
Penguatan dan hukuman
Penguatan (imbalan/reinforcement) adalah
konsekuensi yang meningkatkan probabilitas bahwa sesuatu perilaku akan terjadi
.
Hukuman (punishment) adalah konsekuensi yang menurunkan probabilitas
terjadinya suatu perilaku.
Penguatan Positive
adalah frekuensi respons meningkat karena diikuti dengan stimulus yang
mendukung (reward).
Penguatan Negative
adalah frekuensi respons meningkat karena diikuti dengan penghilangan stimulus
yang merugikan (tidak menyenangkan).
Salah satu cara untuk
mengingat perbedaan antara penguatan positif dan negatif adalah dalam penguatan
positif ada sesuatu yang ditambahkan atau diperoleh. dalam penguatan negatif
ada sesuatu yang dikurangi atau dihilangkan.
Referensi
Santrock, John W.
(2004). Psikologi Pendidikan, Edisi Kedua. Jakarta : Kencana Prenada Media
Group.
0 comments:
Post a Comment